Printer Epson Bermasalah, Begini Mengatasinya

Printer Epson Bermasalah 696x392

Printer Epson Bermasalah 696x392


Printer Epson memang sangat laris di pasar Indonesia. Pasalnya, printer yang satu ini selain harganya yang terjangkau, canggih juga kualitas hasil cetakannya sangat baik.

Sehingga tidak sedikit yang memakai printer Epson, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan banyak juga digunakan di perkantoran, perusahaan, atau perumahan yang untuk konsumsi pribadi.

Meski hasil dan cetakannya bagus serta cepat, namun karena sering dipakai tentu kadang-kadang printer ini mengalami kendala atau masalah. Dari hal-hal yang sepele sampai yang berat.

Masalah yang sepele biasanya lampu indikator sering kedap-kedip atau tidak menyala dan bahkan terkadang tidak bisa mencetak dokumen.

Sementara kerusakan berat kadang kala terjadi ketika adanya sistem di printer yang bermasalah atau error, sehingga printer tersebut tidak dapat dipakai lagi.

Dengan adanya masalah tersebut tentu akan menggangu kinerja, terlebih sedang dikejar deadline baik itu klien yang akan mencetak dokumen, tugas kantor atau sedang menyusun skripsi. Dan apabila tidak segera ditangani maka bakal rugi.

Sebelum membetulkan kerusakan pada printer tersebut dengan pergi ke ahli reparasi, sebaiknya Anda cek dulu apa masalahnya siapa tahu tidak terlalu berat, sehingga tidak memakan waktu serta biaya.

Nah, merangkum dari berbagai sumber, berikut ini masalah yang ‘hinggap’ di printer Epson.

 

Tinta seolah terdeteksi kosong

Masalah tinta yang penuh tapi terdeteksi kosong biasanya terjadi pada printer Epson dengan model printer inkjet dengan ink tank atau tabung tinta.

Ketika akan mencetak sesuatu tiba-tiba muncul pemberitahuan kalau tinta pada tabung tersebut sudah tidak ada isinya. Padahal, belum lama ini Anda mengisi tinta tersebut dengan penuh, dan ketika di cek ternyata benar masih ada.

Biasanya dengan notifikasi tersebut maka printer tidak akan mau melakukan pencetakan dokumen atau lainnya. Dan pada bagian lampu indikator yang ada gambar seperti tetesan tinta/air akan menyala.

Lantas bagaimana mengatasinya? Kejadian seperti ini memang sering terjadi, jadi Anda jangan panik dan terburu-buru pergi ke tukang service.

Langkah awal yaitu dengan melakukan reset pada sistem printer. Fungsi dari reset sendiri adalah bertujuan supaya sistem kembali seperti awalnya, sehingga lampu indikator tidak akan menyala atau kedap-kedip.

Reset bisa dilakukan dengan memakai software yang bisa Anda dapatkan di internet. Atau dapat juga dengan cara manual.

Untuk cara manualnya tidak lah sulit. Langkah pertama matikan printer dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian hidup kan kembali printer Epson tersebut.

Setelah itu, tombol yang ada gambar tintanya ditekan dan tahan kurang lebih lima detik, lalu dilepaskan dan ditekan kembali dengan ditahan 3 detik.

 

End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full

Hampir semua printer dari berbagai merek dibekali dengan tempat atau wadah yang fungsinya sebagai penampungan sisa tinta. Wadah tersebut biasanya terbuat dari spon yang daya serapnya tinggi.

Oleh spon tersebut semua tinta yang dibuang akan ditampung, yang mayoritas sisa tintanya berasal dari atau akibat menjalankan proses Head

Untuk masalah seperti ini biasanya akan keluar notifikasi atau pemberitahuan End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full, yang artinya penyerap tinta sudah penuh.

Jika memang masalah seperti itu, maka jalan terbaik adalah dengan mengganti spon atau wadah penampungan tinta tersebut dengan yang baru. Namun cara tersebut adalah tidak benar.

Permasalah tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan error yang ada di atas. Sebagai informasi, waste ink yang ada pada printer itu tidak bisa dideteksi penuh atau tidaknya.

Jadi, printer hanya menghitung berdasarkan dari berapa banyak cetakan yang sudah dilakukan. Dan itu merupakan program yang sudah didesain oleh printer Epson, besaran sisa tinta yang terbuang.

Oleh karena itu, kondisi wadah pembuangan yang penuh adalah tidak nyata. Sedangkan untuk mengatasinya, Anda tinggal mengunduh software Tool Resetter.

Software ini mempunyai versi yang berbeda-beda dan tergantung dari jenis atau printer Epson yang Anda pakai.

 

Tinta macet

Satu lagi masalah yang sering ditemui pada printer Epson bahkan semua printer adalah hasil cetakan yang tidak jelas bahkan tidak ada warnanya karena disebabkan oleh tinta yang macet.

Untuk menangani masalah seperti ini langkah awal adalah dengan mengecek kondisi atau isi tinta baik dari catridge atau tabung untuk yang model inkjet.

Jika setelah dicek tidak ada masalah, maka langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan head printer. Apabila sesudah dengan cara itu tintanya tetap saja tidak keluar, maka Anda harus menggantinya.

 

General Error

Untuk masalah seperti ini memang jarang ditemui di printer Epson. Pasalnya, jenis dari kerusakan atau gangguan ini adalah termasuk kelas berat.

Apabila menemukan “General Error” maka bisa diartikan ada masalah pada komponen penting di printer. Seperti rusaknya mother board, sensor dan lain sebagainya. (Adi/R5/HR-Online)

 

Sumber : https://www.harapanrakyat.com

Berita PrinterInfo UpdateTips Komputer

Comments are disabled.

Plugin "Contact Form 7" not installed or activated