70% Kerusakan Laptop dan Gawai Akibat Debu

ae5c5dcf 2803 42d2 9868 a3d6295ec2ce 1

ae5c5dcf 2803 42d2 9868 a3d6295ec2ce 1


Banyak faktor yang menyebabkan permasalahan pada komputer. Selain pemakaian, pemeliharaan komputer yang tidak baik juga menjadi salah satu faktornya. Aryo Handityo Wibowo, CTO dari Pemmztechie menyebutkan 70 persen kerusakan laptop disebabkan oleh debu atau kotoran yang menumpuk.

“Pendinginan dalam notebook, PC atau perangkat elektronik itu didominasi oleh kipas. Kalau seandainya kipas itu dengan pemakaian lama tidak dibersihkan maka debu akan menumpuk sehingga membuat airflow dari sistem pendinginan tidak sempurna yang mengakibatkan adanya performa menurun dari PC,” ujar Aryo di Jakarta, Sabtu (7/9/2019).

Dengan kondisi tersebut maka dikatakan Aryo akan membuat notebook atau PC akan cepat panas. Jika panas maka akan merusak komponen dan mempersingkat umur PC.

Biaya perbaikan akan semakin mahal. “Penting juga untuk mengenali tanda-tanda gadget atau PC harus segera dirawat. Tandanya diantaranya lemot, overheat dan mendadak mati atau restart berkali-kali, juga bluescreen, komponen dalam berbunyi. Jika itu terjadi maka harus segera dibersihkan,” lanjutnya.

Menurut Aryo, waktu yang baik untuk membersihkan PC adalah sekali setiap enam bulan sekali untuk pemakaian 4 jam setiap harinya. Jika lebih dari empat jam setiap harinya maka setiap empat bulan sekali harus dibersihkan.

Untuk membersihkan PC dikatakan Aryo juga tidak boleh sembarangan. PC harus dibersihkan oleh ahli dengan bahan-bahan yang direkomendasikan. Salah satunya yang ditawarkan Pemmztechie yang membuka layanan servis baru Zetzet yakni jasa profesional untuk pembersihan dan optimasi gadget pertama di Indonesia.

Edhy Rahardjo, Direktur CV Pemindo Multi Sukses yang menaungi Pemmztechie, menjelaskan, layanan ini hadir untuk memberikan solusi pemeliharaan preventif dan perawatan kebersihan luar dan dalam berbagai perangkat elektronik: laptop, PC, tablet, smartphone, hingga perangkat Mac.

“ZetZet hadir untuk menjawab permintaan pasar akan kebutuhan pembersihan dan total solusi untuk problem over heat, sering hang, dan melambatnya kinerja PC dan laptop yang banyak dihadapi oleh para gamers, pelajar, para pekerja kantoran, bahkan ibu rumah tangga yang sudah semakin “melek teknologi,” ujar Edhy.

Layanan ZetZet ini juga menjadi solusi untuk berbagai problem teknis yang seringkali mengganggu produktivitas pengguna gadget, seperti panas, lambat, BSOD yang terlalu sering, termasuk serangan virus dan malware yang seringkali muncul saat digunakan untuk bekerja atau bermain.

ZetZet memiliki standarisasi kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan, proses kerja yang terstandardisasi dengan prosedur kerja khusus, termasuk penggunaan perkakas dan bahan pendingin yang dipakai. Sementara itu, untuk perawatan perangkat gaming yang membutuhkan tingkat ketelitian kerja tinggi dan bahan yang digunakan merupakan bahan premium, seperti Arctic Cooling, Noctua atau Thermal Grizzly.

 

Sumber: BeritaSatu.com

Berita IT NetworkBerita KomputerInfo UpdateTips Komputer

Comments are disabled.

Plugin "Contact Form 7" not installed or activated