Punya Dana Terbatas? Antivirus Komputer Gratis Ini Bisa Jadi Pilihan

Punya Dana Terbatas Antivirus Komputer Gratis Ini Bisa Jadi Pilihan Halaman all Kompas com 1

Punya Dana Terbatas Antivirus Komputer Gratis Ini Bisa Jadi Pilihan Halaman all Kompas com 1


Setiap perangkat komputer memiliki risiko terinfeksi virus. Untuk menghindarinya, mau tak mau, suka tak suka, pengguna harus memasang software antivirus pada perangkat komputer miliknya. Ada banyak sekali pilihan antivirus yang bisa digunakan.

Kualitasnya pun berbeda-beda dengan fitur yang berbeda pula. Biasanya, pengguna dibebankan biaya tertentu untuk dapat menggunakan semua fiturnya secara penuh. Biaya tersebut bisa dibayarkan secara berlangganan maupun beli putus. Namun ada pula sejumlah antivirus yang bisa digunakan secara gratis dengan fitur-fitur yang bagus.

berikut ini adalah beberapa antivirus yang bisa digunakan secara cuma-cuma pada perangkat dengan sistem operasi Windows dan MacOS.

Windows OS

1. Windows Defender Windows defender adalah aplikasi antivirus yang sudah tersedia ketika pengguna menginstal sistem operasi Windows pada perangkatnya. Meski tersedia secara gratis, pengguna hanya bisa mendapatkan Windows Defender secara penuh dari OS Windows yang didapatkan secara legal. Antivirus ini juga bisa memindai keberadaan malware pada perangkat yang diinstal.

2. Microsoft Security Essentials Sama seperti Windows Defender, Microsoft Security Essentials juga bisa didapatkan secara cuma-cuma oleh pengguna Windows. Namun, antivirus ini hanya mendukung sistem operasi Windows 7 saja. Microsoft Security Essentials memang merupakan versi lawas dari Windows Defender. Antivirus ini juga bisa memindai keberadaan virus, trojan dan spyware. Tapi perlu dicatat, hanya Windows 7 original saja yang bisa menggunakan antivirus ini secara penuh.

3. Avast Free Antivirus Pengguna komputer tentu tak asing lagi dengan antivirus yang satu ini. Avast memang seringkali didaulat sebagai salah satu antivirus gratis yang sangat direkomendasikan. Meski gratis, Avast memiliki banyak fitur yang bisa digunakan. Salah satunya adalah CyberCapture. Fitur ini dapat mendeteksi dan menganalisis file atau dokumen yang dicurigai sebagai virus yang menyamar. Baca juga: Awas Virus Joker, Segera Hapus 24 Aplikasi Ini dari Ponsel Android Anda

4. Avira Free Antivirus Sama seperti Avast. Avira juga kerap direkomendasikan sebagai antivirus gratis yang layak untuk digunakan. Bahkan sejumlah media teknologi menempatkan Avira sebagai antivirus gratis terbaik.

5. Panda Antivirus Meski tidak sepopuler Avast dan Avira, Panda Antivirus juga kerap mendapat review positif dari para pengguna. Panda Antivirus dianggap lebih mudah digunakan ketimbang antivirus lainnya. Selain itu, Panda juga bisa memindai keberadaan virus pada USB dan memonitor keamanan ketika komputer tengah dijalankan.

6. AVG Meski telah dibeli oleh Avast pada tahun 2016 lalu, AVG juga masih memproduksi antivirus dengan mereknya sendiri. AVG memiliki keunggulan sebagai antivirus yang ringan dan tidak memberatkan kinerja komputer. Antivirus ini juga bisa memindai keberadaan file jahat. Bahkan AVG juga bisa menghapus sebuah folder yang terinfeksi.

 

MacOS

1. Sophos Home Antivirus Sophos ini juga direkomendasikan oleh sejumlah media teknologi sebagai antivirus gratis yang layak digunakan. Sophos dapat bekerja ketika komputer digunakan dan memberikan proteksi secara real-time dari virus. Baca juga: DJ dan Kreator Konten Sebaiknya Tunda Update ke MacOS Catalina

2. Avast Security Antivirus Avast tak hanya hadir untuk komputer Windows semata. Avast juga hadir untuk perangkat komputer dengan sistem operasi MacOS. Seperti yang disebutkan di awal, Avast sangat direkomendasikan sebagai antivirus gratis yang bisa memberikan proteksi dari virus, malware dan sejumlah perangkat lunak jahat lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Punya Dana Terbatas? Antivirus Komputer Gratis Ini Bisa Jadi Pilihan”, https://tekno.kompas.com/read/2019/10/11/12230007/punya-dana-terbatas-antivirus-komputer-gratis-ini-bisa-jadi-pilihan?page=all.
Penulis : Yudha Pratomo
Editor : Reska K. Nistanto

Berita IT NetworkBerita KomputerBerita PrinterInfo Update

Comments are disabled.

Plugin "Contact Form 7" not installed or activated