Pilar IT Support

Mengenal Jenis-jenis Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Seiring dengan perkembangan zaman, manusia berhasil menemukan berbagai macam teknologi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Telah banyak inovasi teknologi yang kini hadir di tengah masyarakat. Hal ini diciptakan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia.

Hadirnya teknologi juga memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hampir dapat dipastikan setiap orang kini juga telah bergantung dengan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ialah internet.

Internet merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya. Untuk mendapatkan jaringan internet, seseorang membutuhkan peralatan elektronik yang dapat bertukar data secara nirkabel atau gelombang radio yang disebut WiFi.

Adanya internet berhasil menunjang aktivitas sehari-hari manusia. Beberapa peralatan teknologi seperti smartphone, tablet, pemutar audio digital, dan komputer mampu terhubung dengan sumber jaringan internet. Selain itu, ada banyak jenis-jenis jaringan komputer yang mampu menghubungkan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi.

Lantas, apa saja jenis-jenis jaringan komputer tersebut? Simak ulasannya yang merdeka.com rangkum dari Liputan6.com berikut ini.

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi. Sehingga, hal ini bisa saling berbagi aplikasi, data, ataupun hardware komputer.

Sederhananya, jaringan komputer adalah suatu kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atau lebih dan saling berhubung. Adapun tujuan dibangunnya jaringan ini supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter (pengirim) bisa sampai kepada receiver (penerima) dengan cepat, tepat, dan akurat.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Seperti yang sudah diketahui, teknologi jaringan komputer saat ini berkembang sangat pesat. Tak hanya mampu menghubungkan antar PC dalam satu jaringan, namun juga semua benda yang memiliki pengoperasian menggunakan komputer saling terhubung satu sama lain. Sementara itu, macam-macam jaringan komputer sendiri dibagi menjadi 4 kelompok, berikut penjelasannya:

Jenis Jaringan Berdasarkan Media Transmisi Data

• Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Wired Network merupakan suatu jenis jaringan komputer yang menggunakan kebel sebagai media transmisi data. Biasanya, kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya supaya berbagai komputer tersebut mampu saling bertukar data atau terhubung dengan internet.

• Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)
Wireless Network adalah jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Pertukaran informasi atau data antar komputer menggunakan gelombang elektromagnetik.

Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauan Geografis

Local Area Network (LAN) merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah yang kecil. Umumnya, jaringan ini digunakan di kantor, sekolah, kampus, dan berbagi instansi lainnya.

Metropolitan Area Network (MAN) ini merupakan jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota dengan kecepatan transfer data tinggi. Jaringan komputer ini bisa menjangkau berbagai lokasi seperti kampus, pemerintahan, sekolah, dan lainnya.

Wide Area Network (WAN) ialah jenis jaringan komputer yang bisa menjangkau area yang sangat luas. Jaringan komputer ini mampu mencakup negara dan benua. Adapun media transmisi yang biasa digunakan dalam jaringan WAN yaitu satelit dan kabel bawah laut.

PAN merupakan salah satu jenis jaringan yang hanya mencakup wilayah lebih kecil, seperti jaringan rumah atau kantor. Biasanya, jenis jaringan ini digunakan untuk berbagi resources seperti internet atau printer.

VPN merupakan salah satu jaringan yang menyediakan koneksi Internet paling aman. Beberapa perusahaan menggunakan jenis jaringan ini untuk menghubungkan kedua kantor yang berbeda. VPN menjadi jalur paling aman di Internet dan bisa digunakan untuk transmisi data.

Sumber : https://www.merdeka.com/

Exit mobile version